7 April 2016

Sibuk vs Produktif

“Duh! Sorry gw lagi sibuk nih!” kalimat ini pasti sering kamu denger atau mungkin juga sering kamu ucapin sendiri. Entah itu sebagai alesan buat ngehindarin pertemuan sama orang yang nggak disukai atau emang kenyataannya lagi bener-bener sibuk. Tapi kamu tau nggak sih, orang yang sibuk dan orang yang produktif itu adalah 2 hal yang berbeda?

Berikut ini bedanya orang Sibuk vs orang Produktif:

1. Orang Sibuk ingin keliatan kayak punya sebuah misi dalam hidupnya, orang Produktif emang punya misi dalam hidupnya.

Orang-orang yang sibuk, menyembunyikan keraguan tentang tujuan hidupnya dengan berpura-pura yakin dalam setiap langkah yang diambil. Sementara orang-orang produktif membiarkan orang lain melihat keraguan dalam setiap langkah yang diambil karena mereka memiliki tujuan yang jelas.

2. Orang Sibuk punya banyak prioritas, orang Produktif punya sedikit prioritas.

Catet nih! Pada dasarnya nggak ada orang yang hidupnya terlalu sibuk. Kalo kamu punya 3 prioritas berarti kamu punya prioritas. Tapi kalo kamu punya 25 prioritas, itu sih bukan prioritas, tapi kebanyakan mau atau kebanyakan gaya!.

3. Orang Sibuk bilang “iya” secepatnya, orang Produktif bilang “iya” perlahan.

Istilah katanya nge-iyain aja dulu, bisa atau nggaknya belakangan. Coba aja kamu perhatiin lagi deh, sering atau nggaknya kamu atau temen kamu nge-iyain tapi ujung-ujungnya batal. Itu karena kebanyakan iya, sampe akhirnya kamu nenggelemin diri sama hal-hal yang sebenernya bukan prioritas.

4. Orang Sibuk fokus sama tindakan, orang Produktif fokus sama kejelasan sebelum bertindak.

Ibarat katanya nih orang sibuk itu bertindak dulu mikirnya belakangan, niatnya mau hemat waktu tapi kebanyakan hasilnya malah lebih banyak ngebuang waktu yang berharga sebelum akhirnya berhasil. Sebaliknya orang produktif sebelum bertindak pasti mikir dulu konsekuensinya, apa yang berhasil dan nggak. Jadi pas bertindak pasti efektif dan nggak buang banyak waktu.

5. Orang Sibuk ngeliat semua peluang yang ada, orang Produktif menutup peluang.

Emang ada bagusnya terbuka sama semua pilihan dan kesempatan yang ada, tapi dalam satu tahap tertentu dikehidupan, kamu harus fokus pada satu hal yang menurut kamu menjadi paling utama.

6. Orang Sibuk membicarakan kesibukan mereka, orang Produktif membiarkan hasil yang berbicara.

Ngomongin soal menulis bukanlah menulis. Orang sibuk akan ngomongin proses apa saja yang mereka kerjain, orang produktif ngasih liat hasil tanpa harus banyak omong.

7. Orang Sibuk membicarakan tentang sedikitnya waktu yang mereka miliki, orang Produktif meluangkan waktu untuk apa yang mereka anggap penting.

Orang sibuk selalu pintar mencari dan memiliki alasan tentang waktu, orang produktif tidak menggunakan waktu sebagai alasan untuk apapun.

8. Orang Sibuk ingin orang lain juga menjadi sibuk, orang Produktif ingin orang lain menjadi efektif.

Orang sibuk selalu menghitung waktu yang diperlukan untuk beraktivitas, mereka akan ngerasa frustasi ngeliat orang lain santai kayak punya banyak waktu dan nikmatin kerjaannya. sedangkan orang produktif seneng banget ngeliat orang lain kerja dengan tenang dan nyiptain lingkungan yang ngedukung untuk ngebantu efektivitas kinerja orang lain.

9. Orang Sibuk membicarakan bagaimana mereka akan berubah, orang Produktif membuat perubahan.

Jangan buang waktu kamu untuk ngobrolin apa yang akan kamu lakukan, tapi mulai lakukan apa yang ingin kamu lakukan sekarang juga.

Nah sekarang udah tau kan bedanya sibuk sama produktif genks? Sekarang coba deh kamu pikirin lagi, kira-kira kamu dan temen-temen kamu itu termasuk kategori yang mana ya?

0 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Prev Post